Mengupas Tuntas AMP

AMP
Mengupas lebih dalam seputar AMP memang menarik.Sebelumnya mungkin ada yang belum tahu AMP yang di maksud itu apa, AMP adalah terobosan baru yang di ciptakan oleh pakar teknologi terkemuka untuk menambah kecepatan loading blog atau website. Kehadiran AMP dalam dunia interner memberikan udara sejuk bagi pengguna smartphone (mobile) saat berselancar di internet. Kecepatan akses yang dinikmati  pengguna smartphone tentu dapat juga dirasakan oleh pengguna desktop. Smartphone yang memiliki spesifikasi di bawah desktop saja bisa cepat, apa lagi desktop yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi.

Setelah Memahami pengertian AMP , selanjutnya admin ingin membahas apa saja kekurangan dan kelebihan AMP.
Sebagai salah satu pertimbangan supaya lebih mantap menggunakan template AMP, admin sajikan daftar kekurangan Blog Custom AMP

Sebelumnya, AMP belum lama resmi diluncurkan, sekitar tanggal 24 Februari 2016. Jadi masih tergolong baru dan butuh uji coba lebih lanjut, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang (AMP project) dan juga bagi pengguna (publisher). Berikut beberapa kekurangan Kekurangan Blog Custom AMP:

Tampilan sederhana

Tampilan Blog AMP simpel dan sederhana. Sebab banyak fitur bawaan blogspot yang tidak atau belum support untuk AMP,

Belum mendukung penyimpanan style eksternal dan javascript eksternal

Jika pada template non AMP bebas menggunakan HTML reguler dan bebas menambahkan javascript eksternal, namun semua itu tidak berlaku pada template AMP yang memiliki standar sendiri, dikarenakan AMP Projek memiliki pustaka sendiri.

Butuh usaha ekstra

Aturan khusus yang harus diterapkan supaya valid AMP seakan-akan memaksa pengguna butuh usaha ekstra. Misalnya ketika membuat artikel postingan, ada beberapa aturan berbeda dari postingan non AMP. Diantaranya penerapan CSS inline pada postingan tidak boleh ada tag style.Tidak hanya itu, pengguna lama yang sudah memiliki banyak postingan juga harus benar-benar bekerja ekstra memperbaiki semua postingan supaya valid AMP. Bahkan ada yang sampai rela meluangkan waktunya untuk kembali mengedit 1000 postingan.

SEO?

Meski google sangat menganjurkan kepada pengguna untuk beralih ke AMP, tetapi itu tidak menjadi jaminan blog menjadi semakin SEO. Kita pasti sudah tahu bahwa konten adalah segalanya. Jadi yang menjamin kualitas blog kita adalah isi konten dari pada blog kita, tidak hanya kecepatan blog. Meskipun begitu jika tidak diimbangi dengan kecepatan blog pengunjung pun merasa tidak nyaman. Percuma juga memiliki konten berkualitas tetapi pengunjung enggan kembali mengunjungi blog kita

Kelebihan Blog AMP
Meskipun AMP masih tergolong baru dan memiliki barbagai kekurangan yang butuh banyak perbaikan, namun pengembang (developer) AMP Project dan kawan kawan akan terus memberikan layanan terbaiknya. Google telah resmi meluncurkan AMP project itu menunjukkan bahwa AMP bukan lagi dalam tahap percobaan, tetapi siap untuk diaplikasikan penggunanya. Jadi tidak menutup kemungkinan proyek AMP akan terus berkembang pesat. Berikut kelebihan blog custom AMP yang dapat admin simpulkan:

Halaman menjadi sangat ringan

AMP membuat halaman blog menjadi sangat ringan, sehingga kecepatan akses meningkat. Dan tidak hanya itu, pengguna juga bisa menghemat data internet. Biasanya pengunjung yang datang ke blog kita hanya mencari informasi yang diinginkan saja, habis itu langsung pergi begitu saja. Nah jika pemilik blog menggunakan custom AMP maka pengunjung tidak perlu takut kehabisan data internet sehingga bisa leluasa mencari informasi-informasi terkait.

Meningkatkan peringkat pada halaman mesin pencari

Meskipun AMP tidak menjamin SEO, tetapi jika kita memperhatikan kecepatan loading halaman,mungkin kecepatan akses memungkinkan blog menempati peringkat baik di SERP (Search Engine Result Page), ditambah jika di imbangi dengan isi konten yang berkualitas.

AMP merupakan proyek open source

Artinya siapa saja boleh ikut serta bergabung bersama proyek AMP. Inilah yang menjadi daya tarik bagi programer web yang suka oprek coding, proyek AMP mempersilahkan mereka untuk berkontribusi mengembangkan kemajuan AMP. Nah bagi teman-teman programer bila tertarik silahkan mencoba dan diskusi bersama pakar-pakar developer AMP untuk mengembangkan bakat


Semoga dengan rangkuman tentang kelebihan dan kekurangan AMP dapat memberikan wawasan yang leboh bagi para pengguna internet seperti blogger dan dapat di petik manfaatnya , sekian terimakasih.

Postingan terkait:

15 Tanggapan untuk "Mengupas Tuntas AMP"

  1. Wah. Keren Artikel nya gan. Tapi saya mau ganti AMP susah menurut ku rumit ketika setting nya gan. Sebelumnya makasih sudah berbagi ilmunya, saya jadi tambah pengetahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan emang sulit zkrip saja pake non amp :v

      Hapus
  2. Keren sih pake amp tapi masih kurang vaham untuk ngatur-ngaturnya.

    BalasHapus
  3. Baru tau lebih lanjut tentang amp , tapi banyak yg bilang cukup rumit apa itu benar? Sebelumnya makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumit atau tidaknya sebenarnya tergantung pandangan masing masing jika itu benar tidak ada salahya di pelajari gan...

      Hapus
  4. kalau template evomagz itu termasuk AMP bukan mas? soalnya blog saya pasang template evomagz

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUkan gan contoh blog ini juga make evomagz dan bukan amp :v

      Hapus
  5. sebenarnya ingin menggunakan AMP, tapi masih merasa belum ngerti apalagi tentang masalah script yang harus di modifikasi dan lain-lain. suatu saat ingin memiliki web/blog yang superfast loading dan seo serta memakai AMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar terus pasti bisa gan .. Semangat!!!

      Hapus
  6. untuk membuat halaman AMP memang agak susah, terutama bagi pemula seperti saya. Tapi memang dengan menggunakan AMP maka loading blog menjadi lebih cepat dan secara tidak langsung seo bisa meningkat, bahkan beberapa artikel di halaman utama pencarin adalah AMP, jadi tidak ada salahnya memakai AMP. Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  7. Sayangnya Google belum mempunyai algoritma untuk amp, jadi enggak ngaruh antara seo nya. Kalaupun sudah bakal banyak yang pakai

    BalasHapus
  8. Gan, Template blog agan udah, pakai template amp belum, kalo edit editnya susah kagak?, maaf banyak nanya

    BalasHapus